Jenis-jenis kerusakan pada instalasi OS dan cara mengatasinya

 Kali ini bongkar jaringan akan memberikan informasi tentang "Jenis-jenis kerusakan pada instalasi OS dan cara mengatasinya" silahkan simak artikel berikut

 Instalasi sistem operasi komputer dilakukan dengan menentukan partisi, menentukan user name, dan menentukan waktu, bahasa, serta wilayah. Proses instalasi kadangan mengalami kegagalan yang disebabkan oleh banyak faktor antara lain sebagai berikut
 a. Spesifikasi komputer yang digunakan dibawah syarat minimum
 b. Instalasi tidak dilakukan pada driver C
 c. Versi software tidak sesuai dengan OS yang digunakan
 d. Menggunakan OS bajakan
Pada saat proses install sistem operasi seringkali mengalami banyak masalah, sehingga proses install menjadi gagal. Masalah yang timbul disebabkan oleh banyak faktor, seperti CD/DVD Windows rusak, pengaturan bios yang tidak tepat, dan kerusakan hardware. Kerusakan yang sering terjadi diantaranya sebagai berikut.

1. Proses install berhenti secara tiba-tiba

Proses install yang berhenti secara tiba-tiba disebabkan oleh beberapa hal yaitu sebagai berikut :
 CD/DVD Windows yang digunakan sudah rusak, permukaan CD/DVD tergores-gores sehingga proses pembacaan berhenti pada titik tertentu. Head CD/DVD ROM kotor, sehingga tidak dapat membaca data pada track CD/DVD   Windows.
Cara mengatasi :
 CD/DVD Windows harus diganti dengan yang lain atau bersihkan CD/DVD tersebut dengan alkohol. Bersihkan head CD/DVD ROM.

2. File shell 32 atau winlogon.exe tidak dapat dicopy.

Cara Mengatasi :
 Bersihkan head CD/DVD ROM kemudian coba kembali, apabila cara ini tidak berhasil maka perlu dilakukan partisi ulang.

3. Proses install membutuhkan waktu terlalu lama melebihi batas waktu normal selama 20 menit dan monitor mengalami blue screen dengan pesan peringatan Dump Memory.

Cara Mengatasi :
 Masalah ini terjadi karena suhu pada CD/DVD terlalu panas, sehingga mengganggu proses copy data, lakukan restart atau mematikan sebentar untuk mengurangi suhu panas tersebut.

 4. Harddisk tidak dapat dikenali


AHCI (Advance Host Controller Interface) merupakan teknologi yang membuat software dapat berkomunikasi dengan SATA controller, digunakan untuk menyediakan kemampuan seperti misalnya hot-plugging dan native command queuing. Pada Windows teknologi AHCI belum digunakan sehingga blue screen masih menjadi kendala.

Salam : Admin Anu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »