Jenis Jenis Kejahatan Dalam Dunia Komputer dan Internet

Ya guys kali ini bongkar jaringan akan memberitahukan jenis jenis kejahatan apa saja yang ada di dalam dunia komputer dan internet. 

Di jaman sekarang ini sudah banyak orang yang memakai komputer dan internet, banyak sekali orang yang melakukan aktifitas kejahatan ini bukan di istilahkan sebagai perampok atau juga pelaku kriminal di dunia nyata.

Di dunia komputer dan internet juga terdapat kejahatan yang di sebut Cyber Crime. Apa saja kah jenis kejahatan yang ada di dunia komputer dan Internet masih kita lihat di pembahasan berikut.


  1. HACKING


        Hacking adalah kegiatan menerobos komputer milik orang lain. Hacker adalah orang yang gemar menerobos komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan security. Hacker memberitahu kepada programer yang komputernya di terobos, akan adanya kelemahan kelemahan pada program yang di buat, sehingga bisa di "terobos" agar segera di perbaiki. Sedangkan Hacker jahat menerobos program orang lain kemudian merusak dan mencuri datanya. 

  2. CRACKING


       Cracking adalah kegiatan membobol suatu sistem komputer dengan tujuan menggambil. sedangkan orang yang melakukan cracking disebut cracker. Cracker biasanya mencoba masuk ke dalam suatu sistem komputer tanpa ijin (authorisasi), individu ini biasanya berniat jahat/buruk, sebagai kebalikan dari 'hacker', dan biasanya mencari keuntungan dalam memasuki suatu sistem. Dengan berhubungan dengan koleganya, seorang cracker dapat belajar mengenai teknik-teknik baru, memahami ideologi cracker, barter informasi, mengajak cracker lain untuk melakukan cracking hingga berbagi pengalaman.
  3. SPAMMING

      Spamming adalah kegiatan mengirim email palsu dengan memanfaatkan server email yang memiliki “smtp open relay” atau spamming bisa juga diartikan dengan pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu bagi yang dikirim.

  4. MALICIOUS SOFTWARE (MALWARE)

       Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.

  5. DATA FORGERY/ PEMALSU DATA

       Merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi salah ketik yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku.
  6. SNIFFER

       Sniffer adalah kata lain dari Network Analyzer berfungsi sebagai alat untuk memonitor jaringan komputer. alat ini dapat dioperasikan hampir pada seluruh tipe protokol pada Ethernet, TCP/IP, IPX dll.Sniffer adalah kata lain dari Network Analyzer berfungsi sebagai alat untuk memonitor jaringan komputer. alat ini dapat dioperasikan hampir pada seluruh tipe protokol pada Ethernet, TCP/IP, IPX dll.
  7. SPOOFING

       Spoofing adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya “hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker atau cracker”.

Sekian dari kami Tim Bongkar Jaringan mengenai jenis jenis kejahatan dunia komputer dan internet semoga bermanfaat guys.

Salam : Admin Ari

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »