Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya


1. Trojan
trojan adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data pada komputer. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan adalah email ataupun data pribadi yang tidak diberi password. Untuk mengasatai virus trojan dengan menggunakan Trojan Remover atau Trojan Hunter.

2. Memory Resident Virus
Memory Resident Virus yaitu sebuah virus yang dapat menginfeksi RAM komputer, efek nya komputer menjadi lemot. Cara mengatasi Memory Resident Virus cukup dengan menggunakan antivirus biasa dan update secara berkala.

3. Worm
Worm adalah sebuah voirus komputer yang dapat menggandakan dirinya. worm dapat melipat gandakan dirinya dengan cepat sehingga jika komputer terkena virus worm dengan waktu yang cukup lama maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk dan membuat memori menjadi penuh. Cara mengatasinya virus Worm dengan menggunakan antivirus biasa atau dengan antivrus pro akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Web Scripting Virus
Web Scripting Virus adalah sebuah program yang digunakan untuk mempercantik konten dari sebuah website, akan tetapi program ini dimanfaatkan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu. Cara mengatasi Web Scripting Virus dengan menggunakan Microsoft tool bawaan dari windows dan lakukan scan secara teratur.

5. Multiparitite Virus
Multiparitite Virus adalah sebuah virus komputer yang terdiri dari file untuk menginfeksi sistem operasi. Mutiparitite Virus menyebar pada RAM dan selanjut nya akan menginfesi harddisk. Cara mengatasi Multiparitite Virus  dengan cara membersikan sector boot dan juga disk dan melakukan Disk Defragment.

6. FAT Virus
FAT ()File Allocation Table) adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan merusak file pada lokasi tertentu. file yang terkena virus ini biasanya akan disembunyikan seolah-olah file holang. Cara mengatasi FAT virus dengan melakukan scan dengan antvirus yang sudah di update.

7. Companion Virus adalah sebuah virus komputer yang dibuat untuk menggangu data pribadi.  Lokasi nya berada di dalam harddisk. Cara mengatsi nya dengan menginstal scan antivirus dan juga download file firewall.

8. Polymorpic Virus
 Polymorpis Virus adalah sebuah vrus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Cara mengatasi nya dengan menginstal antivirus high end.

9. Directory Virus
Directory Virus adalah sebuah jenis virus yang menginfeksi file engan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya.Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem lain. Cara mengatasi Directory Virus dengan melakukan format dan install ulang semua program an sistem operasi.

10. Boot Sector Virus
Boot Sector Virus adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. yang terletak pada direktori harddisk. virus ini akan beraksi ketika sistem operasi dijalankan. Virus ini mempunyai kemampuan menginfeksi perangkat eksternal seperti harddisk eskternal dan flashdisk. Cara paling amuh untuk mengatasi nya yaitu dengan memastikan floppy dissk pada posisi write protect.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »