Mengenal Cisco

Apa itu cisco ?
Cisco didirikan tahun 1984 oleh 2 orang staf Stanford University, Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Cisco bergerak di bidang internetworking, seperti router, bridge, hub, dan switch.
Cisco IOS (Internetworking Operating System) adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch Cisco. Sistem operasi ini bersifat multitasking yang mempunyai fungsi-fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Pengoperasiannya menggunakan Command Line Interface (CLI) dan sekumpulan perintah-perintah standar. Pengguna Linux / Unix akan lebih mudah beradaptasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah-perintah di Linux / Unix OS.

Cisco IOS dan Cara Kerja

Perangkat lunak sistem operasi yang digunakan di router Cisco dikenal sebagai Cisco Internetwork Operating System (IOS). Seperti sistem operasi di komputer manapun, Cisco IOS mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak router, termasuk alokasi memori, proses, keamanan, dan sistem file. Cisco IOS adalah sistem operasi multitasking yang terintegrasi dengan routing, switching, internetworking, dan fungsi telekomunikasi.
Meskipun Cisco IOS mungkin tampak sama pada banyak router, ada banyak image IOS yang berbeda . Sebuah IOS image adalah file yang berisi seluruh IOS untuk router itu. Cisco menciptakan berbagai jenis IOS image, tergantung pada model router dan fitur dalam IOS. Biasanya IOS dengan fitur yang lebih banyak, semakin besar pula IOS image nya, dan karenanya, flash dan RAM dengan kapasitas lebih diperlukan untuk menyimpan dan memuat IOS. Sebagai contoh, beberapa fitur termasuk kemampuan untuk menjalankan IPv6 atau kemampuan untuk router untuk melakukan NAT (Network Address Translation).Seperti dengan sistem operasi lain Cisco IOS memiliki antarmuka pengguna sendiri. Meskipun beberapa router menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI), antarmuka baris perintah (CLI) adalah metode yang jauh lebih umum untuk mengkonfigurasi router Cisco. CLI digunakan di seluruh pelatihan cisco.

Perangkat-Perangkat Cisco

  • Router
Router ini berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
  • Switch
Switch berfungsi sebagai penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu LAN. Cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
  • Bridge
Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.
  • Access Point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
  • Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.


Penulis : Muhammad Fajar Ramadhan

Share this

Related Posts

First