Mengenal Lan dan Wan

Pendahuluan Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain melalui media komunikasi sehingga terjadi interaksi antara satu dengan yang lainnya.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

1.PAN (Personal Area Network)

PAN adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang berjarak tidak terlalu jauh, pada jaringan PAN ini biasanya hanya berjarak 4-6 meter saja, jenis jaringan ini sering digunakan untuk menghubungan Hp dengan komputer.

2. MAN (Metropolotian Area Network)

MAN adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, MAN dapat meraih jarak 10-50 kilo meter, jenis jaringan MAN sering digunakan di sekolah, kampus, pemerintahan, dan perkantoran.

3. LAN (Local Area Network)

LAN adalah Jaringan komputer yang hanya mencangkup wilayah kecil seperti jaringan komputer, LAN hanya dapat meraih tempat kecil seperti rumah, sekolah, kampus, dan perkantoran yang kecil, kecepatan transfer pada LAN yaitu 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

4. VLAN (Virtual Local Area Network)

VLAN adalah suatu jaringan yang tidak terbatas seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu jaringan dapat di kongfigurasikan virtual tanpa harus menggunakan hardware suatu jaringan.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah sebuah jaringan yang jaraknya sangat luas bahkan mencangkup suatu negara dan benua, kecepatan pada transfer data WAN mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, bahkan sampai 625 Mbps(dan masih bisa lebih lagi).

6.VPN (Virtual private Network)

VPN adalah jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya secara pribadi melaluli jaringan internet, VPN ini biasa digunakan pada orang yang sangat berhati hati dan juga yang sudah ahli supaya kerahasiaan dan keutuhan data yang mereka transfer lebih aman dibanding menggunakan jaringan lainnya.

Penulis : Angga Nugroho 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »