Sejarah Awal Mula Komputer

Mau tau ya perkembangan komputer generasi pertama sampai sekarang?? oke guys disini Admin P mau menjelaskan komputer dari generasi pertama sampai sekarang.

  1. Generasi Pertama (1946-1959)
    Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum (vacum tube) untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum ini cepat panas dan terbakar. Ribuan tabung diperlukan untuk mengoprasikan komputer generasi pertama.

  2. Generasi Kedua (1959-1964)
    Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum, walaupun sama-sama mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan menyimpan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat.


  3. Generasi Ketiga (1964-1970)
    Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan diluar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibanding dengan komputer generasi sebelumnya. Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip.


  4. Generasi Keempat (1979-Sekarang)
    Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju.


  5. Generasi Kelima
    Komputer generasi memang masih pengembangan , mungkin tahun 2020 baru akan selesai 100% , komputer generasi kelima ini mungkin akan mempunyai kepandaian membuat keputusan sendiri atau disebut kecerdasan buatan.
    itu dia guys, Komputer Generasi Pertama-Generasi Kelima , sekarang kalian lagi pakai komputer generasi berapa? :D

    Penulis : Admin P

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »