Internet

1. Seluk beluk Internet

  internet adalah kata yang berasal dari kata internetworking. internetworking sendiri bisa diartikan sebagai network dari network, yang berarti kumpulan dari jaringam-jaringan yang menghubungkan komputer dari sitem yang berbeda-beda. Internet berawal dari proyek riset yang disponsori oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency). Tujuan pada Riset ini untuk mengembangkan jaringan komputer yang  bekerja secara transparan dan tahan terhadap berbagai gangguan.

2. Model DARPA

  Model DARPA adalah sebuah refrensi protokol jaringan yang diusulkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat atau DoD (departement of defense), model ini dinamai begitu karena lembaga yang mengembangkan adalah DAPRA. Model DAPRA sedikit berbeda dibandingkan model OSI. model DARPA hanya memiliki 4 lapisan, yaitu :
>Application layer
>Host-to-host layer  atau Transport layer
>Internetworking layer atau Inter layer
>Network interface atau Physical layer

3. Protokol TCP/IP

 TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan komputer. TCP/IP juga bukanlah protokol yang dapat berdiri dengan sendirinya karna protokol ini adalah gabungan dari beberapa protokol.

4.  TCP dan UDP

 >TCP
 -TCP adalah salah satu jenis protokol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data dalam jaringan internet.
 - Karakteristik yang dimiliki oleh TCP yaitu:
  1.Connection oriented
  2.Realible
  3.Byte stream service
>UDP

 -UDP(User Datagram Protokol) adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable).
 -Karakteristik yang dimiliki oleh UDP yaitu:
  1.Connectionless (Tanpa Internet)
  2.Pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi
  3.Proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP
  4.UDP menyediakan perhitungan cheksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP

5. IP Address dan Domain Name
 >IP Address

-IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar bisa saling berhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 4 blok yang setiap bloknya diisi oleh angka 0 - 255. IP Address memiliki kelas masing masing, yaitu :
 -Kelas A, pada kelas A 8 bit pertama adalah network id, 16 bit selanjutnya adalah host id, kelas A mempunyai network dari 0 - 127.
 -Kelas B, pada kelas B 16 bit pertama adalah network id, 16 bit selanjutnya adalah host id, kelas B mempunyai network dari 128 - 191
 -Kelas C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network id, 8 bit selanjutnya adalah host id, kelas C mempunyai network id dari 192 - 223
 -Kelas D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255
 -Kelas E, memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.
>Domail Name

 -Domain Name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
 -Contoh Domain Name tingkat tinggi, yaitu:
1. .Com : di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
2. .Net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
3. .Org : di gunakan untuk kepentingan organisasi.
4. .Info : di gunakan untuk kepentingan informasional website.
5. .Name : digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal.
6. .Edu : digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
7. .Mil : di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya utk Militer.
8. .biz : di gunakan untuk kepentingan Bisnis.
9. .tv : di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.
10. .travel : di gunakan untuk Bisnis Pariwisata.
 -Contoh Domain Name untuk negara, yaitu:
1. .or.id : Untuk Organisasi
2. .co.id : Untuk Komersial
3. .go.id : Untuk Pemerintahan
4. .ac.id : Pendidikan Tinggi
5. .sch.id: untuk Sekolah
6. .net.id: Internet Provider
7. .web.id: digunakan untuk umum

6. Routing

 -Routing adalah proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Beberapa contoh item yang dapat di-routing : mail, telepon call, dan data. Di dalam jaringan, Router adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan routing trafik.
 -Dalam pengiriman Routing dibedakan menjadi dua yaitu :
  >Routing langsung merupakan sebuah pengalamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Contoh: sebuah komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirimkan data ke komputer dengan alamat 192.168.1.3
  >Routing tidak langsung merupakan sebuah pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat hort tujuan. (contoh: komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirim data ke komputer dengan alamat 192.1681.3, akan tetapi sebelum menuju ke komputer dengan alamat 192.168.1.3, data dikirim terlebih dahulu melalui host dengan alamat 192.168.1.5 kemudian dilanjutkan ke alamat host tujuan.

Penulis : -Angga Nugroho



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »