Network Security

Computer Security

   Keamanan komputer atau Computer Security adalah sebuah cabang dari teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Dengan adanya Keamanan komputer ini bertujuan untuk melindungi data pada sistem komputer baik itu data user maupun data pada sistem komputer tersebut.
   Keamanan komputer akan diterapkan pada masing-masing komputer dan perangkat lain yang terdapat dalam jaringan sehingga dapat membantu untuk melindungi dan mendeteksi ancaman yang akan masuk pada sebuah jaringan computer.

 Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang. Keamanan bisa diindentifikasikan dalam masalah teknis, manajerial, legalitas, dan politis. computer security akan membahas 2 hal penting yaitu Ancaman/Threats dan Kelemahan sistem/vulnerabillity.
Fungsi dari Keamanan Komputer dalam jaringan adalah melindungi komputer baik itu sumber daya maupun data (data user dan sistem) terhadap penipuan dan pencurian. Selain itu Keamanan komputer juga mampu mendeteksi ancaman yang yang akan masuk ke dalam sistem komputer.


Network Security

    Network security adalah keamanan jaringan. Dari arti di situ saya hanya bisa mengetahui sedikit ialah b agaimana mengamankan jaringan agar tidak mudah di bobol oleh orang. Caranya yang saya tau mungkin dengan memberikan  password yang memberikan kombinasi digit, upper case latter, non-alphanumeric untuk meminimal kemungkinan perkiraan password yang di buat user tersebut.
  Sebelum kita mengetahui bagaimana cara-cara mengamankan sebuah jaringan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi keamanan jaringan dan mengapa keamanan pada sebuah jaringan harus dibuat.

   Dilihat dari kata-kata nya bisa dapat di artikan network security merupakan suatu cara pengamanan pada internet. Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, apakah itu network security yang lebih spesifikasinya. Menurut saya personal, semua yang berhubungan dengan internet pasti mempunyai data-data perusahaan, ataupun data pribadi yang kita simpan di berbagai situs jejaring sosial dan lainnya yang tidak mungkin di lepas begitu saja tanpa adanya pengamanan yang baik. Untuk itu network security disini bekerja. Jadi lebih mudahnya diartikan secara bahasa network adalah jaringan, dan security adalah pengamanan.

Secara umum, terdapat tiga kata kunci dalam konsep Network Security, yaitu:
1.Resiko / tingkat bahaya
2.Ancaman
3.Kerapuhan sistem

1.Resiko / tingkat bahaya
Pada satu ini, kita tahu banyaknya kendala atau resiko jika pengamanan pada pengaturan internet kita tidak terlalu aman. Banyak penyusup yang dengan mudah masuk tanpa harus bersusah payah, maka dibutuhkan keahlian kita untuk mencari cara seberapa besar penyusup mampu menjebol situs keamanan kita. 

2.Ancaman
Pada yang satu ini, sudah merupakan kekhawatiran bagi si punya situs, yaitu ancaman jika ada yang dapat masuk dengan mudahnya dan seperti memiliki otoritas seperti yang mempunyai situs ini. Maka memang di anjurkan agar kita lebih berhati-hati jika memang ada penyusup.

3.Kerapuhan Sistem
Dari sistem dapat juga di jebol, dengan cara mengetahui dari si pembuat keamanan internet itu sendiri, apakah dia bisa menjaga rahasia terhadap orang-orang luar yang tidak ada hubungan nya, atau juga orang tersebut berusaha mencuri dari si pembuat situs keamanan itu. 

  Jaringan sendiri memiliki beberapa arti untuk setiap user yang berbeda-beda dalam menggunakannya, tetapi dari beberapa sumber yang saya baca, jaringan merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk berbagi sumber daya, berkomunikasi dan untuk dapat mengakses informasi. Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya. Istilah ini bisa digunakan dengan hubungan kepada kejahatan, segala bentuk kecelakaan, dan lain-lain. Keamanan merupakan topik yang luas termasuk keamanan nasional terhadap serangan teroris, keamanan komputer terhadap cracker, keamanan rumah terhadap maling dan penyusup lainnya, keamanan finansial terhadap kehancuran ekonomi dan banyak situasi berhubungan lainnya.

 Keamanan jaringan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga, memelihara, dan mengatur sebuah sistem jaringan agar tetap dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan tindak kejahatan maupun pengerusakan dalam sistem tersebut. Keamanan jaringan sangat penting dalam melakukan kegiatan yang bersifat rahasia karena biasanya dilakukan didalam dunia maya ataupun dalam akses komputer.

  Mengapa keamanan jaringan harus dibuat? Karena adanya serangan-serangan pada sistem jaringan, sehingga membuat keamanan jaringan harus dibuat dan sangatlah penting. Berikut saya jelaskan beberapa serangan-serangan pada sistem jaringan komputer dan aplikasi perangkat lunak dalam mengamankan sebuah jaringan computer.

Perangkat Ciso 

Multiple Layer Security
Jika IP network security kita kaitkan dengan pendekatan multiple layers security, maka kita dapat mengaitkan dengan layer-layer pada model DoD.
ACL
Access Control List (ACL) merupakan sebuah metode yang di gunakan untuk menyeleksi paket-paket yang keluar masuk network. Jjika kita tidak yakin dengan asal usul paket yang datang maka sebaiknya paket tersebut “dibuang” saja. Hal ini untuk menghindari kemungkinan masuknya “penyusup” ke network yang kita kelola. Prinsip inilah yang di terapkan oleh ACL. 
ACL merupakan sekumpulan packet filters yang diimplementasikan di router atau gateway. Perangkat semacam ini dapat mengendalikan keluar masuknya paket (berdasarkan IP address asal/tujuan).
Cisco Secure PIX Firewall
Cisco mengeluarkan beberapa produk yang berkaitan dengan network security, seperti cisco secure PIX firewalls, Cisco Secure Interusion Detection System (IDS), IOS traffic filtering, Cisco Secure Policy Manager (CSPM) dan sebagainya.
Cisco sercure Intrusion Detection System
Cisco Secure Intrusion Detection System (atau di sebut NetRanger) merupakan sebuah perangkat pendeteksi serangan terhadap network. IDS dapat membantu kita melindungi network dari kemungkinan masuknya penyusup. IDS menggunakan sensor yang bekerja secara real-time dan menganalisis setiap paket yang datang. Sensor merupakan kombinasi hardware maupun software.
Cisco Secure Policy Manager
Cisco Secure Policy manager (atau di sebut Cisco Security Manager) adalah sebuah system pengaturan security bagi berbagai jenis produk Cisco Secure.


Penulis : Arif Rohman

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »